PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI CERITA RAKYA MELALUI STRATEGI STORY PYRAMID PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG

Abdunnashir Akhmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan
membaca pemahaman dengan implementasi metode  Story Pyramid  pada siswa kelas VII MTs Negeri Kaliangkrik.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan
ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan,
implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Kaliangkrik  berjumlah 31 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Februari 2014 dengan 2 siklus. Data penelitian berupa hasil observasi, catatan lapangan, hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripsi kuantitatif dan analisis deskripsi kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa secara proses dan secara produk.
Hasil penelitian yang diperoleh setelah implementasi tindakan, yaitu siswa
menjadi  lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman. Siswa menujukkan sikap, minat, dan semangat yang tinggi. Selain itu, ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa yang ditunjukkan melalui hasil tes membaca pemahaman. Hasil skor tes siswa pada saat pratindakan yang memenuhi standar KKM sebanyak 6 orang atau sebesar 20,69% dari jumlah siswa. Pada kegiatan siklus I, siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 orang atau
sebesar 60,71% dari jumlah siswa. Pada siklus II, siswa yang mencapai KKM sebanyak 29 orang atau sebesar 93,55% dari jumlah siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode  Strory Pyramid  dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
 
Kata kunci: membaca pemahaman, strategi Story Pyramid

Full Text:

PDF

References


Allen, Mary Beth. 2010. Fresh Takes

on Centers: Reading

Comprehension. New York:

Scholastic Teaching

Resources.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra

Anak: dalam Kajian

Strukturalisme, Sosiologi,

Semiotika, hingga Penulisan

Kreatif. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

J. Boling, Charlotte & William H.

Evans. 2008. Reading

Success in the Secondary

Classroom. Preventing

School Failure: Alternative

Education for Children and

Youth. Vol. 52, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.