PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Arihunnisa Dzakhiroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penggunaan rubrik penilaian menulis sastra di SMP N 3 Sewon. Secara luas penelitian ini diharapakan dapat mendeskripsikan isi rubrik penilaian menulis sastra, penggunaan rubrik penilaian menulis sastra,  kendala-kendala yang dialami dalam menggunakan rubrik penilaian,  serta  upaya mengatasi kendala-kendala yang dialami serta hasil-hasil penilaian dengan rubrik tersebut.  
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan  objek
penelitian berupa rubrik penilaian menulis sastra. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif verbal yang secara konkret berangkat dari kata deskripsi tentang sesuatu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 3 Sewon dan berlangsung selama 2 bulan. Pemilihan sekolah didasari pada alasan belum adanya penelitian serupa yang dilakukan di sekolah tersebut.
Hasil penelitian ini  adalah,  pertama,  rubrik penilaian menulis sastra yang dibuat dan digunakan oleh guru di SMP N 3 Sewon masuk ke dalam 3 kriteria kesiapan penggunaan rubrik, yaitu 1 rubrik sudah siap digunakan, 4 rubrik masih membutuhkan revisi, dan 1  rubrik belum siap digunkan. Kedua, dapat diketahui bahwa penilaian berdasarkan rubrik menulis sastra yang digunakan guru, penilaian cenderung menilai karya berdasarkan struktur teks. Hal ini tidak terlepas dari kompetensi dasar pengajaran sastra pada tiap kurikulum yang digunakan.
Ketiga, aspek-aspek penilaian yang ditampilkan dalam rubrik penilaian sebagain besar sudah sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.  Keempat, rubrik penilaian sudah digunakan oleh guru dalam proses menilai termasuk penilaian menulis sastra. Kelebihan yang dirasa guru salah satunya adalah meningkatkan objektivitas guru dalam menilai, sedangkan kelemahan penggunaan rubrik yang paling terlihat adalah perlunya waktu yang lama dalam proses menilai.
 
kata kunci: rubrik penilaian, menulis sastra

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran

Bahasa Berbasis Pendidikan

Karakter. Bandung: Refika Aditama

Endrayanto, H.Y Sunu, Yustiana W.H.

Aplikasi Rubrik untuk

Penilaian Belajar Siswa.

Yogyakarta: PT Kanisius.

Kemendiknas. 2006. Standar Kompetensi

dan Kompetensi Dasar

SMP/MTs/SMPLB. Jakarta:

Kemendiknas.

Kemendikbud. 2015. Kompetensi Inti dan

Kompetensi Dasar Sekolah

Menengah Pertama/Madrasah

Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta:

Kemendikbud.

Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian

untuk Sekolah Menengah Pertama

(SMP). Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Konsep dan

Implementasi Kurikulum 2013.

Jakarta: Kemendikkbud

Kurniawan, Heru; Sutardi. 2012.

Penulisan Sastra Kreatif.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Nugiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian

Pembelajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian

Otentik dalam Pembelajaran

Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Model

Penilaian Otentik dalam

Pembelajaran Bahasa. Litera, 10, II,

hlm. 114-125.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2007

tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Sayuti, S.A. 2000. Evaluasi Teks Sastra

(terjemahan dari Rien T Segers).

Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Solina, Mona. 2015. Pengembangan

Rubrik Penilaian Menulis Puisi

dalam Pembelajaran Apresiasi

Puisi. Skripsi S1. Yogyakarta:

Program Studi Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia, FBS UNY.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Surapranata, Sumarna; Muhammad Hatta.

Penilaian Portofolio.

Bandung: Rosda.

Suryaman, Maman. 2013. Metodologi

Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta:

UNY Press,

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip

Desain Pembelajaran. Jakarta:

Kencana Prenadamedia Group.

Wahyuni, Sri, Abd. Syukur Ibrahim. 2012.

Asesmen Pembelajaran Bahasa.

Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.