TEORI SASTRA DALAM PEMBELAJARAN SASTRAKURIKULUM 2013 TINGKAT SMA DAN IMPLEMENTASINYA DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Yohanes Wahyu Eddie Dharma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teori sastra yang terdapat dalam Kurikulum 2013 tingkat SMA dan implementasinya dalam kegiatan pembelajaran sastra di sekolah, khususnya SMA Negeri 2 Yogyakarta. Teori sastra dalam Kurikulum 2013 dengan tujuan ideal pembelajaran sastra, teori sastra yang mengakomodasi pembelajaransastra dan kompetensi guru, khususnya di SMA Negeri 2 Yogyakarta, dalam menguasaidan menerapkan teori sastra dalam pembelajaran sastra.Jenis penelitian ini adalah penelitian  kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Yogyakarta yang berjumlah tiga orang. Objek yang diteliti adalah KI KD Kurikulum 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru, buku siswa, buku guru, dan tulisanrelevan yang disesuaikan dengan rumusan masalah sebelumnya. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan gabungan ketiganya atau triangulasi, yang sebelumnya didahului dengan studi kepustakaan. Metode wawancara digunakan dengan cara peneliti berkomunikasi langsung dengan guru yang kemudian diklarifikasi dengan observasi terhadap RPP.Pada
Kurikulum 2013, teori sastra yang terdapat di dalam pembelajaran sastra didominasi oleh teori objektif, yakni terfokus pada struktur karya sastra. Teori sastra yang ada sudah sesuai dengan tujuan ideal pembelajaran sastra yang tak lain adalah apresiasi sastra. Hal ini diimbangi dengan kompetensi yang dimiliki guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 2
Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan melalui data kualitatif yang berupa fakta-fakta di lapangan. Namun demikian, teori sastra yang ada belum dapat mengakomodasi pembelajaran sastra.  
 
Kata kunci: teori sastra, kurikulum 2013, SMA negeri 2 Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Aggabao, R and Marissa. 2014.

“Learning Activities In

Studying Literature”.

International Refereed

Research Journal. Vol.–V

Issue – 3, July 2014.

Philippines.

Aminudin. 2009. Penganta

Apresiasi Karya Sastra.

Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta:

Balai Pustaka.

Depdiknas. 2000. Tata Bahasa Baku

Bahasa Indonesia. Jakarta:

Balai Pustaka.

Esten, Mursal. 1978. Kesusasteraan

Pengantar Teori dan Sejarah

Bandung: Angkasa.

Hamruni. 2012. Strategi

Pembelajaran. Yogyakarta:

Insan Madani.

Kemendikbud. 2014. Buku Guru

Bahasa Indonesia: Ekspresi

Diri dan Akademik Kelas X.

Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Buku Guru

Bahasa Indonesia: Ekspresi

Diri dan Akademik Kelas XI.

Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Bahasa

Indonesia: Ekspresi Diri dan

Akademik Kelas X. Jakarta:

Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Bahasa

Indonesia: Ekspresi Diri dan

Akademik Kelas XI Semester

I. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Bahasa

Indonesia: Ekspresi Diri dan

Akademik Kelas XI Semester

II. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2016. KI KD

Kurikulum 2013.

http://jdih.kemdikbud.go.id/n

ew/

public/produkhukum/1717/de

tail. Diakses 10 Desember

Khanifatul. 2013. Pembelajaran

Inovatif. Yogyakarta:Ar-Ruzz

Media.

Mahsun. 2013. Pembelajaran Teks

dalam Kurikulum 2013.

http://kemendikbud.go.id/ke

mendikbud/artikel-

kurikulum-mahsun. Diakses

November 2016.

Mahsun. 2014.

TeksPembelajaranBahasa

Indonesia Kurikulum 2013.

Jakarta: Raja

GrafindoPersada.

Moleong, IJ. 2012. Metodologi

Penelitian Kualitatif.

Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Pratiwi, Dwi Aji Dian. 2011.

“Pengaruh Persepsi tentang

Pembelajaran Sastra terhadap

Kemampuan Meresepsi

Cerpen Siswa Kelas IX SMP

Negeri se- Kabupaten

Banyumas”. Skripsi.

Yogyakarta: Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia. Universitas Negeri

Yogyakarta.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori,

Metode, dan Teknik

Penelitian Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, Eveline & Hartini Nara.

Teori Belajar dan

Pembelajaran. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009.

Penelitian dan Penilaian

Pendidikan. Bandung: Sinar

Baru Algesindo.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan

kuanitati, kualitatif dan

R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013.

Strategi Pembelajaran.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori

Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Teeuw, A. 2013. Sastra dan Ilmu

Sastra. Bandung: Pustaka

Jaya.

Karya Sastra Menurut Teori Abrams

| English Dept Of Fkipn

Unlam.

http://pbingfkipunlam.wordpr

ess.com. Diakses pada

Minggu, 16 April 2017 pukul

:04,

Hubungan Sastra dan Masyarakat.

http://achmadadieb.wordpress

.com. Diakses pada Minggu,

April 2017 pukul 16:08.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.