PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Fitrienggar Nastiti

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, faktor penghambat, serta upaya dalam mengatasi faktor hambatan pelaksanaan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Yogyakarta menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri, dan kooperatif. Faktor penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Yogyakarta adalah beberapa siswa kurang fokus ketika guru memberi penjelasan, kurangnya pemahaman siswa saat mengerjakan tugas, beberapa siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, suasana kelas tidak kondusif saat kegiatan membaca, suasana kelas tidak kondusif saat kegiatan diskusi, dan kurangnya waktu dalam penyampaian materi. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran adalah meminta siswa untuk membaca penjelasan pada buku teks dan guru memberikan contoh, menjelaskan kembali materi pembelajaran disertai dengan contoh, menunjuk siswa dan memberikan pertanyaan agar siswa lebih aktif, berkeliling mengawasi kegiatan membaca siswa, memberi batasan waktu sesuai dengan tugas yang diberikan, dan melanjutkan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya..

Kata kunci: strategi pembelajaran, faktor penghambat, upaya mengatasi


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.