PELAKSANAAN PENDEKATAN SCL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Indi Fadhilatanni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (SCL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Deskripsi pelaksanaan pendekatan SCL meliputi pelaksanaan pendekatan SCL, hambatan dalam melaksanakan pendekatan SCL, dan solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan pelaksanaan pendekatan SCL.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang bersifat naturalistik karena dilakukan sesuai dengan kondisi alam. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru Bahasa Indonesia dan siswa-siswa yang diampu kedua guru SMP Negeri 6 Yogyakarta. Data diperoleh berdasarkan hasil dari wawancara, pengamatan dan analisis dokumen yang meliputi empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua guru telah melaksanakan pendekatan SCL dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meski belum maksimal. Pelaksanaan pendekatan SCL itu berupa: (a) siswa aktif dalam pembelajaran; (b) siswa berpikir kreatif dalam pembelajaran; (c) siswa saling berkompetisi dalam pembelajaran; (d) guru berperan sebagai partner belajar; (e) guru memberikan pertanyaan terbuka; (f) siswa dengan siswa dan siswa dengan guru bekerja sama dalam pembelajaran. Akan tetapi, pada pelaksanaannya, kedua guru mengalami hambatan dalam melaksanakan pendekatan SCL, baik yang berasal dari siswa, sarana dan prasarana maupun guru itu sendiri. Untuk mengatasi hambatan tersebut, kedua guru telah melakukan solusi berupa langkah-langkah khusus, laporan kerusakan sarana dan prasarana serta pemberian tugas. Dengan dilakukannya solusi tersebut, menjadi bukti tetap dilaksanakannya pendekatan SCL di SMP Negeri 6 Yogyakarta.

Kata Kunci: pendekatan SCL, pembelajaran Bahasa Indonesia


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.