KEEFEKTIFAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA

Giacinta Veona Putri Sekarsari

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan menulis naskah drama antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Problem Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Problem Based Learning, dan (2) keefektifan penggunaan strategi Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variable bebas yang berupa strategi Problem Based Learning dan variable terikat yaitu kemampuan menulis naskah drama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penentuan sampel dalam populasi ini menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Validitas yag digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes menulis naskah drama. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t.

Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada nilai pretest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan thitung sebesar 0,192 dan ttabel sebesar 1,990 serta P sebesar 0,849. Nilai thitung < ttabel dan P lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka tidak signifikan, sedangkan pada nilai posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 2,533 dan ttabel sebesar 1,990 serta P sebesar 0,014. Nilai thitung > ttabel dan P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% maka signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis naskah drama yang signifikan antara kelompok yang melaksanakan pembelajaran dengan strategi Problem Based Learning dan kelompok yang tidak menggunakan strategi Problem Based Learning dan (2) strategi Problem Based Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta.

Kata kunci: keefektifan, strategi Problem Based Learning, menulis naskah dra


Full Text:

PDF

References


Dewojati, Cahyaningrum. 2012. Drama, Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta: Javakarsa Media.

Haryadi dan Zamzani. 1997. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Dirjen Diti Proyek Pengembangan PGSD.

Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Iskandarwassid, dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jacobsen, David A., dkk. 2009. Metode-Metode Pengajaran. Terj. Achmad Fawaid dan KHoirul


Refbacks

  • There are currently no refbacks.