ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS SISWA BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP/MTs TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI EDISI REVISI TAHUN 2017

Yuyun Apriliana

Abstract


Kelayakan isi dan bahasa merupakan dua di antara empat kriteria kelayakan buku teks yang dinilai berdasarkan peraturan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi dan bahasa pada buku teks siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII SMP/MTs terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017. Pendekatan metode penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis) artinya peneliti melakukan analisis terhadap isi yang ada dalam data primer yaitu buku teks siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII SMP/MTs terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017.Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui pedoman dokmentasi dan chek list terhadap daftar tabel yang akan dikumpulkan datanya. Teknik analisis isi yang digunakan meliputi unitizing (penentuan satuan unit), recording (pencatatan data), reducing (pengurangan data yang kurang relevan), infering (pengambilan kesimpulan), dan narating (penarasian atas jawaban dari pertanyaan penelitian). Hasil penelitian  pada analisis buku teks siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII SMP/MTs terbitan Kemendikbud  edisi  revisi  2017 menunjukkan kelayakan isi mendapatkan persentase skor 96,69%  sehingga masuk kriteria sangat baik. Pada kelayakan bahasa mendapatkan persentase skor 92,18% sehingga masuk kriteria sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa,  buku teks siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII SMP/MTs terbitan Kemendikbud  edisi  revisi  2017 merupakan buku yang layak  digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: Kelayakan Isi dan Bahasa, Buku Teks, Bahasa Indonesia

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghony, Djunaedi dan Fauzan Almanshar. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruuzz Media.

Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, Ngalim. 2002. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zuhri, D dan setiyoko. 2014. “Buku Bahasa Indoneia K-13 Tak Layak Dikonsumsi Siswa”.

Berita. http://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/09/22/nca4ky-buku-bahasa-indonesia-k13-tak-layak-dikonsumsi-siswa.

Sadewo J, dan Dyah Ratna. 2014. “Ada Kata 'Bang**t' di Buku Pelajaran Bahasa Indonesia.”

Berita. www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/09/22/ncakud-ada-kata-bangt-di-buku-pelajaran-bahasa-indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.