PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN TEKS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS SMP NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN

Dewi Cahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran teks surat pribadi dan surat dinas SMP Negeri di Kabupaten Sleman, (2) jenis-jenis media pembelajaran dalam pembelajaran teks surat pribadi dan surat dinas SMP Negeri di Kabupaten Sleman, (3) dampak penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran teks surat pribadi dan surat dinas SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru dan siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Sampel diperoleh dengan purposive sampling dan random sampling. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sekolah berdasarkan cluster/wilayah sekolah dari data zona pendaftaran dan level sekolah dari nilai Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2016/2017. Random sampling digunakan untuk menentukan kelas penelitian yang homogen. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan skala Guttman. Data hasil observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Data hasil angket dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran teks surat pribadi dan surat dinas SMP Negeri di Kabupaten Sleman antara perencanaan dan pelaksanaan tidak sesuai. Kedua, jenis-jenis media pembelajaran dalam pembelajaran teks surat pribadi dan surat dinas SMP Negeri di Kabupaten Sleman meliputi media visual konvensional, visual mutakhir, audio visual, dan berbasis komputer. Ketiga, dampak penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran teks surat pribadi dan surat dinas SMP Negeri di Kabupaten Sleman pada sekolah tinggi berkategori cukup dengan skor rata-rata 67,33, sekolah sedang berkategori baik dengan skor rata-rata 75,98, sekolah rendah berkategori cukup dengan skor rata-rata 67,92. Secara keseluruhan dampak penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran teks surat pribadi dan surat dinas SMP Negeri di Kabupaten Sleman berkategori cukup dengan skor rata-rata 70,41.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, teks surat pribadi, surat dinas


Full Text:

PDF

References


Fadhilah, N. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY.

Mahmud, T. 2017. “Tingkat Kemampuan Keterampilan Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa, 2, IV, hlm. 85-95.

Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nurdin, S. dan Andrianto. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Sugiarti, A. 2014. “Tantangan Guru Bahasa Indonesia terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah”. Jurnal Ilmiah Kependidikan Khasanah Pendidikan, VI, 2, hlm. 1-15.

Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.