KEEFEKTIFAN STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) PADA PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 WONOSARI

Titis Setya Bekti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks tanpa menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wonosari, Gunungkidul. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan strategi TTW terhadap pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas x SMA Negeri  Wonosari yang berjumlah 186 siswa. Teknik penentuan sampel dengan cluster random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas X Bahasa 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk.

Hasil analisis uji-t data posttes kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan  sebesar -12,946 dengan df = 60, dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Nilai tersebut menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi TTW dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi TTW di SMA Negeri 2 Wonosari. Hasil analisis uji-t data pretes dan posttes kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks kelompok eksperimen diperoleh nilai  sebesar -14,019 dengan df = 30, dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Nilai tersebut menunjukkan strategi TTW efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wonosari.

 

Kata Kunci: Strategi TTW, Memproduksi, Prosedur kompleks.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Yamin, Martinis dan Ansari, Bansu I. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.