PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI SISTEM REM SISWA KELAS XI TKR SMK MA’ARIF 1 WATES

Bastian Anshory

Abstract


Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkan media pembelajarandanmengetahuikelayakan media pembelajaranberbasisMacromedia Flashpadakompetensisistem rem siswakelas XIprogram keahlianTeknikKendaraanRingan (TKR) SMK Ma’arif 1 Wates.Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development(R&D) dengan mengacu pada model penelitian dari Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah. Proses penelitian ini yaitu: (1) analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Pengembangan produk menggunakan software Macromedia Flash. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi 1 orang dan ahli media 1 orang, semua subjek uji coba adalah dosen Teknik OtomotifUNY. Uji coba skala kecil 10 siswa dan uji coba skala besar 30 siswa, semua subjek uji coba adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringandi SMK Ma’arif 1 Wates. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian untuk para ahli (expertjudgement), kuesioner (angket) untuk siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif.Hasilpenelitianiniadalah: (1) Media pembelajaraninteraktifsistem rem ini berupa folder berisikan 2 files berbentuk flash movie (.swf) denganbesarmemori data 12 MB (Mega Bytes) danberbentukwindows projector (.exe) denganbesarmemori data 4 MB. Media pembelajaranini compatible denganberbagai macam Operating System (OS). (2) Hasilkelayakan media pembelajaransistem rem berbasisMacromedia Flash sebagaiberikut: dari ahli media mendapatkanrerataskorkeseluruhan 3,41atausangatlayak, dari ahlimaterimendapatkanrerataskorkeseluruhan 3,15 ataulayak, guru mendapatkanrerataskorkeseluruhan 3,43 atausangatlayak, ujicobalapanganskalakecilmendapatkanrerataskorkeseluruhan 3,30 ataulayak, dan ujicobalapanganskalabesarmendapatkanrerataskorkeseluruhan 3,41 atausangatlayak. Berdasarkanhasiltersebut media pembelajaraninteraktifsistem rem berbasisMacromediaFlashlayakuntukdigunakandalampembelajaran. Kata Kunci: R&D, media pembelajaran,Macromedia Flash, sistem rem.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.