PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK KEJURUAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Rifki Asofani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh guru praktik, (2) mengetahui metode dan langkah-langkah pembelajaran karakter yang diterapkan oleh guru praktik, (3) mengetahui teknik evaluasi pendidikan karakter yang diterapkan oleh guru praktik, (4) mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami oleh guru praktik dalam pembelajaran.Penelitian ini jenis penilitian diskriptif menggunakan metode survei pada dua SMKN Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di Kota Madya Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru praktik kejuruan berjumlah 6 responden. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik diskriptif, secara kuantatif dan kualitatif.Hasil penelitian : (1) Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan pada kegiatan pembelajaran oleh 66,67% responden belum direncanakan ke dalam silabus dan RPP, (2) Strategi pembelajaran dengan metode dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh 33,33% responden juga belum direncanakan ke dalam silabus dan RPP, (3) Evaluasi pendidikan karakter sudah dilaksanakan dan direncanakan ke dalam silabus dan RPP oleh 100%  responden, dan (4) Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru adalah kurangnya pedoman nilai-nilai karakter.

Kata kunci: Pelaksanaan pendidikan karakter, Pembelajaran karakter, Evaluasi pendidikan karakter, mata diklat praktik kejuruan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.