IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MERAWAT BATERAI PADA MATA DIKLAT TLDO

Ken Mukti Agustian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi e-Learning dalam pembelajaran diklat Teknik Listrik Dasar Otomotif dan  (2) meningkatkan Kompetensi Kognitif dan Afektif merawat Baterai pada Mata Diklat Teknik Listrik Dasar Otomotif Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta melalui penerapan e-Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 3 dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis&Taggart(2013). Instrumen penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1)e-Learning telah berhasil diimplementasikan dalam pembelajaran mata diklat TLDO dengan ketercapaian aktivitas sebesar 38,5 dengan kategori tinggi.(2) Peningkatan kompetensi kognitif siswa dalam merawat baterai telah mencapai keberhasilan tindakan dengan ketercapaian 75% siswa telah mengalami ketuntasan dengan rata-rata nilai 72.08.

 

Kata kunci: Pembelajaran, E-learning, Kompetensi, Merawat Baterai


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.