PENERAPAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 SEDAYU

Lundiawan Lundiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini dirancang untuk menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning sehingga mengetahui peningkatan kompetensi memahami dan memperbaiki sistem bahan bakar konvensional pada mapel Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknologi Kendaraan Ringan C pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan sebanyak 23 siswa. Tempat penelitian dilakukan di SMK N 1 Sedayu. Prosedur yang digunakan mengadopsi prosedur penelitian tindakan kelas model Kurt and Lewin. Terdapat 4 tahapan untuk tiap siklus, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Hasil penelitian diketahui bahwa: hasil kompetensi yang diperoleh pada siklus satu presentase siswa yang mencapai KKM ada 74% atau sejumlah 17 siswa, sedangkan pada siklus dua presentase siswa yang mencapai KKM ada 87% atau sejumlah 20 siswa. Selain peningkatan kompetensi juga terjadi peningkatan presentase siswa yang memiliki keterampilan bertanya dan menjawab cukup yaitu 69,5% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Untuk peningkatan sikap fokus diskusi sebesar 83% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dengan kategori cukup.

 

Kata kunci : problem based learning, kompetensi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.