IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATAN KECERMATAN DALAM PENGGUNAAN JANGKA SORONG DALAM PEMBELAJARAN

Satriyo GS Nugroho, Noto Widodo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kualitas dan interaksi pembelajaran. Selain itu juga untuk meningkatkan kecermatan, ketelitian, ketepatan, dalam penggunaan jangka sorong bagi siswa dengan implementasi media video di SMK Piri 1 Sleman. Prosedur penelitian tindakan terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kegiatan dan observasi digabung dalam satu waktu, yaitu pada saat dilaksanakan tindakan sekaligus dilaksanakan observasi. Hasil penelitian ini, yaitu Peningkatan keaktifan dari siklus I siswa yang berpartisipasi sebesar 16,7%, pada siklus II sebesar 16,7% dan pada siklus III 20%. Pada siklus I, persentase kelulusan berdasarkan KKM sebesar 56,5 % dan nilai tertinggi sebesar 75, siklus II sebesar 77,5% dan nilai tertinggi sebesar 90, kemudian pada siklus III sebesar 84 % dan nilai tertinggi di kelas sebesar 95. Pada siklus III persentase ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM meningkat sebesar 6,5% diikuti dengan peningkatan nilai tertinggi kelas pada siklus II sebanyak 25 siswa dinyatakan lulus dengan nilai tertinggi 95 dibandingkan dengan Siklus II. Kata kunci : Impementasi Pembelajaran, peningkatan kualitas pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.