PENGARUH PERUBAHAN DURASI INJEKSI DAN TIMING PENGAPIAN TERHADAP PERFORMA MESIN HONDA VARIO 125 MENGGUNAKAN ECU PROGRAMMABLE JUKEN 2 YAMAHA VIXION PADA MOBIL HYBRID H15 GARUDA UNY

Chahyo Handoko, Zainal Arifin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan performa mesin Honda Vario
125 cc melalui perubahan durasi injeksi dan timing pengapian menggunakan ECU programable Juken 2 pada mesin hybrid H15 terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh mesin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan dynotest untuk mengukur torsi dan daya yang dihasilkan mesin. Metode analisis data dilakukansecara analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) durasi injeksi dan timing pengapian yang distel sesuai kebutuhan mesin dengan tepat dapat menaikkan torsi mesin sebesar 5,08 Nm. (2) durasi injeksi dan timing pengapian yang distel sesuai kebutuhan mesin dengan tepat dapat menaikkandaya mesin sebesar 3,1 HP.
Kata Kunci : torsi mesin, daya mesin, ECU programable Juken 2, mesin hybrid H15


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.