PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMK N 1 MAGELANGPROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Rizki Nur Arifman, Kir Haryana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengawasan, (4) Hasil dan (5) Hambatan dari penyelenggaraan teaching factory di SMK N 1 Magelang Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada penyelenggaraan teaching factory menunjukkan bahwa: (1) Aspek perencanaan termasuk sangat baik berdasarkan kuesioner dengan rata-rata skor sebesar 29,2 dari skor maksimal 37 menurut pengelola, 8,733 dari skor maksimal 12 menurut siswa dan rata-rata 5,4 dari skor maksimal 7 menurut pelanggan. (2) Aspek pelaksanaan termasuk sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 11,2 dari skor maksimal 12 menurut pengelola, 9,4 dari skor maksimal 10 menurut siswa dan 9,5 dari skor maksimal 10 menurut pelanggan. (3) Aspek pengawasan termasuk sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 5 dari skor maksimal 5 menurut pengelola dan 1,933 dari skor maksimal 2 menurut siswa. (4) Aspek hasil pengawasan termasuk sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 14 dari skor maksimal 16 menurut pengelola, 2,733 dari skor maksimal 3 menurut kuesioner siswa dan 5,9 dari skor maksimal 6 menurut pelanggan. (5) Hambatan yang dialami antara lain keterbatasan tenaga pengelola/pelaksana teknis, solusi yang dilakukan yaitu melakukan kerja sama dengan seluruh guru TKRdan menambah siswa yang mengikuti kegiatan; keterbatasan peralatan yang dimiliki, diatasi dengan cara meminjam peralatan yang ada di jurusan Teknik Kendaraan Ringan; kesulitan bengkel teaching factory untuk menyamakan SOPnya dengan SOP yang sama dengan industri, solusinya adalah melakukan kerjasama dengan industri.
Kata Kunci: aspek, teaching factory, Teknik Kendaraan Ringan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.