ANALISIS PERBEDAAN GAYA BELAJAR DAN KETERAMPILAN MUSIK PADA MUSISI AUTODIDAK DAN AKADEMIS

Carinda Nabila Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan gaya belajar dan keterampilan musik pada musisi autodidak dan akademis. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Sampel musisi autodidak adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa “Musik untuk Semua” (SICMA) angkatan 2014, 2015 dan 2016 yang mempelajari gitar sebanyak 11 orang. Sampel musisi akademis adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik angkatan 2014, 2015 dan 2016 yang mengambil mayor gitar sebanyak 19 orang. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptiv dan Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan gaya belajar dan keterampilan musik pada musisi autodidak dan akademis dengan rincian sebagai berikut. (1) musisi akademis memiliki kecenderungan gaya belajar dengan cara membaca dengan skor rata rata 20,37 (2) musisi autodidak memiliki kecenderungan gaya belajar dengan cara menirukan dengan skor rata - rata 20,09 (3) keterampilan musisi akademis lebih unggul dengan skor rata - rata keseluruhan sebesar 80,37.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.