PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN SENI BUDAYA ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SENI KELAS X DI SMA NEGERI 1 DLINGO BANTUL

Rahmat Edhy Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan seni budaya antara siswa yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler seni kelas X di SMA Negeri 1 Dlingo Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat non eksperimental dengan teknik komparatif (membandingkan). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni sebanyak 18 siswa, dan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler seni sebanyak 68 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan seni budaya antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni terbukti jauh lebih baik daripada siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler seni di SMA Negeri 1 Dlingo Bantul. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji independent t test diperoleh  pada nilai tes tertulis sebesar 6,640 lebih besar dari  1,990; dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Dan prestasi belajar seni budaya pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni diperoleh mean sebesar 7,64; sedangkan prestasi belajar seni budaya siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler seni diperoleh mean sebesar 6,11.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.