PEMBELAJARAN BAND ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA

Gregorius Unggul Eka Sancahya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran band anak tunagrahita di SLB N 1 Bantul ditinjau dari metode, materi dan tujuan. Anak tunagrahita yang diteliti adalah dengan klasifikasi ringan yaitu memiliki perkembangan yang lambat dalam berpikir dan bertindak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui 1) Wawancara; 2) Observasi; 3) Dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini diuji menggunakan teknik triangulasi data, yaitu membandingkan antar sumber data satu dengan yang lain, juga menggunakan triangulasi metode yaitu  membandingkan kebenaran  informasi melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran band adalah 1) metode ceramah; 2) metode demonstrasi; 3) metode drill; 4) metode simulasi; 5) metode gestural prompts. Materi pembelajaran yang diberikan adalah lagu daerah dan juga lagu pop. Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah untuk menanamkan rasa percaya diri, mengolah minat dan bakat, mengolah emosi, meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.