Persepsi Guru Pendidikan Musik Tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP

Agil Rozy Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi guru mata pelajaran seni budaya tentang pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri Purwodadi. Persepsi yang dimaksud adalah respon guru terhadap Kurikulum 2013 mata pelajaran seni budaya. Kuantitatif dijadikan pendekatan pada penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah semua guru seni budaya SMP Negri Purwodadi sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Uji validitas instrumen menggunakan teknik Pearson Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Analisis Deskriptif dengan persentase dipilih sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa persepsi guru seni budaya setuju terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013. Hal tersebut dibuktikan 80% responden setuju berpersepsi positif. Sedangkan 20% responden menjawab tidak setuju dan berpersepsi negatif. Adapun persepsi tersebut adalah secara garis besar responden menerima adanya perubahan kurikulum dan menyatakan bahwa kurikulum yang diberlakukan saat ini adalah kurikulum yang terbaik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.