STRATEGI PEMBELAJARAN LATIHAN DASAR BELLS PADA EKSTRAKULIKULER DRUM BAND DI SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA

Despri Rusdianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses strategi pembelajaran latihan dasar bells pada kelompok drum band di SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta, yang meliputi rencana, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi. Triangulasi data dengan alat bantu, meliputi: kamera, alat perekam (handphone). Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas dan uji transferability. Kesimpulan penelitian adalah guru pembimbing mensiasati pembelajaran latihan dasar marching bells dengan menerapkan strategi pembelajaran yang meliputi teknik dan taktik pembelajaran. Teknik yang diterapkan dengan menerapkan varisi metode pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penerapan strategi pembelajaran dilakukan dengan guru pembimbing mensiasati berlangsungnya pembelajaran menggunakan taktik media papan tulis sebagai media bantu untuk menyampaikan materi, meja sebagai tempat memukul, stik snare sebagai alat pukul, dan foto copy materi sebagai media bantu penguatan siswa dalam mengingat materi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.