KAJIAN GAYA BERNYANYI STAMBUL II DI ORKES KERONCONG PUTRA KASIH MUNTILAN

Kamalia Wahyu Ika Cahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang gaya bernyanyi stambul II di Orkes Keroncong Putra Kasih Muntilan dengan menggunakan teknik vocal yang baik dan benar. Penulis melakukan penelitian agar hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.  Sumber data diperoleh dari pakar dan penyanyi yang menguasai stambul II. Instrumen penelitian ini adalah peneliti. Data diperoleh dari proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan empat tahap yaitu analisis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verivikasi data. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa menyanyikan lagu stambul II di Orkes Keroncong Putra Kasih Muntilan penguasaan teknik vokal kurang diperhatikan. Teknik vokal tersebut yakni pernafasan, intonasi, dan artikulasi. Adapun gaya menyanyikan stambul II yang digunakan adalah gaya recetative atau rall,  cengkok, luk, gregel, embat, dan nggandul. Selain itu, ditambah bahwa remaja atau pemula saat ini sering meniru gaya bernyanyi dari media sosial secara cepat melalui internet, sehingga cara bernyanyinyapun menirukan gaya bernyanyi penyanyi tersebut yang belum tentu benar sesuai notasi lagu bahkan sering terjadi kesalahan dalam mengucapkan syair lagu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.