FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK TEK-TEK PADA GRUP KINGSAN DI KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA

Triwanto Adi Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi dan bentuk penyajian musik tek-tek pada grup Kingsan di kecamatan Purbalingga kabupaten Purbalingga.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan degan menggunakan teknik 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) Dokumentasi. Alat bantu yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi, catatan lapangan, handphone, kamera digital. Analisis data yang digunakan adalah 1) Reduksi data; 2) Penyajian; 3) Penyimpulan. Untuk pengujian keabsahan dan kebenaran data dilakukan dengan metode triangulasi (tekhnik).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fungsi musik tek-tek sebagai 1) upaya pelestarian budaya lokal, 2) hiburan, 3) sarana integritas dan pemersatu masyarakat, 4) pengiring tari, 5) sarana pendidikan, 6) sarana ekonomi. Bentuk penyajian kesenian tersebut berupa ansambel (perkusi) campuran dengan format karnaval dan panggung, dan disertai dengan perpaduan tari sebagai pendukung. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen perkusi melodis dan instrumen perkusi ritmis. Instrumen melodis yaitu angklung dan calung, sedangkan instrumen ritmis terdiri dari kentongan, trantam, bass cello, bass bedug, tambourine, gitar eret-eret.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.