STRATEGI PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SD TAMAN MUDA TAMANSISWA YOGYAKARTA

Ayodhya Prabantoro Aji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam pembelajaran karawitan di SD Taman Muda Tamansiswa. Fokus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran karawitan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran karawitan.

Metode yang digunakan adalah metode penelitian  kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi, dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi, piagam penghargaan perlombaan, dan dokumen-dokumen tentang karawitan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini mengunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi: Teknik pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menyatakan bahwa guru  menggunakan pembelajaran berbasis cooperative dengan menggunakan dua model pembelajaran yaitu model Cooperative Learning dan Project Based Learning (PjBL).  Metode pembelajaran yang digunakan adalah: 1) Metode Ceramah, 2) Metode Demonstrasi, 3) Metode Drill, dan 4) Metode Simulasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.