UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNYANYI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN VOKAL 1 MELALUI VOKALISIS BERBASIS SEQUENCE DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FBS UNY

Egidius Bagas Pinasthiko Aji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatkan kemampuan bernyanyi mahasiswa dalam pembelajaran vokal 1 melalui vokalisis berbasis sequence. Vokalisis berbasis sequence merupakan tingkatan atau runtutan kegiatan yang dilakukan dalam vokalisi. Tingkatan dari vokalisis berbasis sequence tersebut adalah pembentukan sikap tubuh yang baik, teknik pernafasan, teknik resonansi, serta pembentukan artikulasi dan intonasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas G dalam pembelajaran vokal 1 di Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY, yang berjumlah 18 mahasiswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah keseluruhan proses kegiatan vokalisis berbasis sequence serta kegiatan pembelajaran di kelas tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memilah sumber data, jenis data, serta isntrumen yang digunakan dalam penelitian. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratik, validitas dialogik, serta validitas instrumen penilitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan vokalisis berbasis sequence pada mahasiswa kelas G Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi mahasiswa dalam pembelajaran vokal 1. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat peningkatan nilai rata-rata mahasiswa melalui tes praktik yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Rata-rata nilai yang diperoleh mahasiswa adalah sebagai berikut: nilai pra siklus sebesar 69,67, nilai siklus I sebesar 72,23 dan nilai pada siklus II sebesar 75,07. Dengan mempertimbangkan jumlah skor dari materi suara, frasering, artikulasi, serta intonasi, dapat disimpulkan bahwa skor tersebut sudah sesuai dengan target keberhasilan, oleh karena itu penelitian diakhiri.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.