UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN IRAMA DAN MELODI SISWA MENGGUNAKAN GERAK DAN LAGU DI SEKOLAH MUSIK BINA VOKALIA MUSIKA CIREBON

Anggitha Soraya Maharani Nirwana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami irama dan melodi menggunakan gerak dan lagu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan model Kemmis & Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dan dua pertemuan pada masing-masing siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas olah vokal dengan jumlah responden 4 orang siswa. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Validitas penelitian ini menggunakan validitas demokratik, hasil, dan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami irama dan melodi melalui penggunaan gerak dan lagu. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata siswa pada Pra-Siklus ke siklus I yang mengalami peningkatan sebesar 28.57%. Dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 27.77%. Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bahwa pemberian tindakan yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.