METODE PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SMP NEGERI 4 WONOGIRI JAWA TENGAH

Seno Purbandoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran karawitan di SMP Negeri 4 Wonogiri.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi.Informan penelitian ini adalah guru pengajar karawitan di SMP Negeri 4 Wonogiri.Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran karawitan yang digunakan guru dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran karawitan yang digunakan di SMP Negeri 4 Wonogiri, Jawa Tengah adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan seksional dan latihan bersama, metode menghafal dan metode simulasi serta pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan kasih sayang. Pemilihan metode ini berdasarkan jenis pembelajaran karawitan di SMP Negeri 4 Wonogiri yaitu pembelajaran praktik dan berdasarkan tingkat kelas dan kemampuan. Metode simulasi digunakan awal proses pembelajaran teknik bermain gamelan, metode seksional untuk mengajarkan tabuhan masing-masing ricikan, sedangkan metode menghafal digunakan untuk membentuk keterampilan siswa dalam bermain gamelan dengan menggunakan rasa, selanjutnya pendekatan kasih sayang untuk mendekatkan siswa kepada guru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.