STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SLB-G DAYA ANANDA SLEMAN

Florentine Wina Kurniayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru seni musik pada kegiatan pembelajaran band di SLB-G Daya Ananda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian pada strategi pembelajaran seni musik di SLB-G Daya Ananda. Subjek penelitian adalah guru seni musik dan siswa yang mengikuti pembelajaran band di SLB-G Daya Ananda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru seni musik di SLB-G Daya Ananda adalah: 1) prinsip individualisasi, dengan memberikan bahan pelajaran pada tiap siswa sesuai dengan kemampuan masing- masing siswa; 2) kognitif, pola pikir setiap siswa bergantung pada kemampuan masing-masing siswa dalam mempelajari ilmu yang diberikan guru; 3) motivasi, guru melakukan pendekatan secara personal dan kelompok, karena setiap siswa memiliki karakteristik dan keterbatasan fisik yang berbeda; dan 4) evaluasi pembelajaran, guru mengevaluasi pembelajaran dengan cara meminta siswa memainkan lagu yang telah dipelajari.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.