UPAYA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS IV SD NEGERI BIBISLUHUR 1 SURAKARTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM

Dinasti Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan nilai hasil belajar seni musik menggunakan Model Pembelajaran Quantum.   Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  dalam  dua siklus,  subyek  penelitiannya  adalah  siswa-siswi kelas  IV  SD Negeri Bibisluhur Surakarta yang berjumlah 36   siswa. Obyek penelitian ini adalah seluruh   kegiatan   pembelajaran   yang   menggunakan   model pembelajaran Quantum. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar             observasi, tes, dan dokumentasi  dengan  teknik  pengumpulan data berupa  observasi, tes  dan  dokumentasi.  Validitas  yang digunakan adalah validitas hasil, validitas   demokratis,   validitas  proses,   validita s  katalistik,   validitas dialog. Teknik   analisis data yang   digunakan   dalam   penelitian   ini  adalah   deskriptif  kualitatif   yang dikaitkan  dengan  data kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pemebelajaran Quantum  dapat  meningkatkan  nilai hasil belajar bagi siswa kelas IV SD Negeri Bibisluhur 1  Surakarta. Hal  tersebut  dapat  ditunjukkan  dengan  melihat  nilai  rata-rata  hasil  evaluasi.  Rata-rata  nilai  pra  siklus adalah 63,19, siklus I adalah 67, 9  dan siklus  II adalah 86, 2.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.