FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONDISI BELAJAR SENI MUSIK SISWA SMP NEGERI 2 PEKALONGAN

Lulut Kusumaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi belajar seni musik siswa SMP Negeri 2 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi  dari penelitian ini adalah siswa  kelas  VIIIA,  VIIIB,  VIIIC,  dan  VIIIF  SMP  Negeri  2  Pekalongan.  Jumlah  sampel  sebanyak  102  siswa ditentukan menggunakan tabel Isaac & Michael dan diambil secara acak. Instrumen pengambil data adalah angket tertutup. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kondisi belajar seni musik adalah faktor eksternal khususnya aspek relasi dengan siswa lain dengan persentase 65,69%. Dalam hal ini faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi belajar seni musik siswa secara umum adalah faktor ekstern yang terdiri atas aspek keluarga (30,39%), aspek relasi dengan siswa lain (65,69%), aspek guru (41,17%), aspek sarana (47,06%), aspek masyarakat (59,40%) dan faktor intern yang terdiri atas aspek jasmaniah (28,43%), aspek  minat (35,29%), aspek motivasi (35,29%), aspek bakat (43,14%), aspek intelegensi (7,84%).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.