METODE PEMBELAJARAN MUSIK KERONCONG DI SMK NEGERI 8 SURAKARTA

Kurniawan Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai metode pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran musik keroncong di SMK Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan metode  yang  digunakan  dalam  pembelajaran  musik  keroncong  di  SMK  Negeri  8  Surakarta. Data   diperoleh   melalui   wawancara,   observasi   kualitatif,   serta   dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran keroncong di SMK Negeri 8 Surakarta yaitu ceramah,  demonstrasi, latihan/drill, tanya jawab, pemberian tugas, dan presentasi,. Pembelajaran keroncong dibagi dalam 4 tahap, yaitu : 1) pembelajaran musik keroncong dengan irama dasar, 2) pembelajaran keroncong dengan irama engkel dan dobel, 3) pembelajaran keroncong dengan lagu-lagu langgam, keroncong asli, stambul, dan 4) pembelajaran keroncong lagu ekstra. Pada pembelajaran keroncong lagu ekstra guru memiliki tujuan untuk menarik minat siswa dan kalangan muda untuk lebih menyukai keroncong yang dapat dibawakan secara lebih fresh dengan membawakan lagu-lagu yang sedang hits dan disukai di kalangan anak muda.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.