PENGARUH APLIKASI SWANSOFT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR CNC

Briantama Rahcmat Fauzi, Nuhcron .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi swansoft terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran CNC. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar pada kelompok eskperimen mengalami peningkatan sebesar 21% serta tedapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan hasil analisis uji-t didapatkan t hitung = 2,09 > t tabel = 2,03 dan hasil analisis uji-t pada keaktifan siswa menunjukan perbedaan keaktifan siswa pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada taraf signifikansi 0,05, hasil analisis didapatkan nilai t hitung sebesar 0,035 pada pertemuan pertama, 0,016 pada pertemuan kedua dan 0,036 pada pertemuan ketiga.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi swansoft pada pembelajaran CNC dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa.  

This research aims to know the influence of swansoft application to enhance the learning outcome and leaning activeness in CNC subject. The technique of data collection used tests, observation and documentation. Analysis of data used normality test, homogeneity test, and t-test. The result of this research show the learning outcome of experimental group increase of 21% and the difference of learning outcome of control group and experimental group with the result of t-tets analysis obtained the t calculate = 2,09 > t tabel =2,03 and the result of t-test analysis of learning activeness show the differend of learning activeness of control group and experimental group at significance level 0,05, The result of analysis shows the t calculate is 0,035 at the first meeting, 0,016 at the second meeting, 0,036 at the third  meeting.  So it can be concluded that the use of swansoft application in CNC subject influence the increase of learning outcome and student learning activeness. 


Keywords


CNC, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, Aplikasi Swansoft; CNC, Learning Outcome, Liveliness Learning, Swansoft Aplication

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i6.9438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin