PENGARUH KEGIATAN PRAKERIN DAN PENGETAHUAN KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI SMKN 2 YOGYAKARTA

Faishal Khairuddin, Tiwan -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan prakerin dan pengetahuan tentang karir terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang telah melaksanakan prakerin sebanyak 150 dari jumlah populasi 328 siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kegiatan prakerin dan pengetahuan tentang karir secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 0,581 artinya kegiatan prakerin dan pengetahuan tentang karir memiliki pengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 58,1%.

This research is intended to knowing the effects of industrial work practice activity and knowledge about career on the job readiness of students SMK N 2 Yogyakarta. This research is a type of ex-post facto research and the method used is quantitative method. The sample which used in this research is students of XII grade and 150 of 328 students have been carrying out the industrial work practices. Hypothesis test in this research used simple linear regression and multiple linear regression were proccesed by using software SPSS 16.0 for windows. The activity of industrial work practice and knowledge about career simultaneously have positive effects on the job readiness of students the value is 0,581 it means industrial work practice activity and knowledge about career provide a contribution of 58,1% to the job readiness of students.


Keywords


Kegiatan prakerin, pengetahuan tentang karir, kesiapan kerja; Industrial work practice activity, knowledge about career, working readiness

Full Text:

PDF

References


Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Dewa Ketut Sukardi. (1987). Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hamzah B. Uno. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Meier, Robert H & Atkins. (2004). Functional Restoration Of Adults And Children With Upper Extremity Amputation. New York: Demos Medical Publishing. Inc.

Nuur Wachid Abdul Majid. (2013). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Dan Kompetensi TIK Terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII SMKN 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan , 2(3), 18-20

Asep Wijayanto A. Laksito. (2015). Tingkat Kepuasan Industri Mitra Terhadap Pelaksanaan Program PI Mahasiswa D3 Teknik Mesin FT UNY di DIY. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan, 3(6), 12-13

Sadewa Aji Waskhita. (2015). Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Pada Bidang Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di Smk Swasta Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan, 5(3), 15-16

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i3.7105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin