PENGEMBANGAN MODUL AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN AUTOCAD DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Dimas Bintang Nurdiansah, Tiwan -

Abstract


Artikel ini membahas modul AutoCAD yang sesuai dengan kebutuhan di SMK Muhammadiyah 1 Salam dan kajian kelayakannya untuk mata pelajaran menggambar dengan AutoCAD. Modul ini dikembangkan dengan teknik pengembangan model Four-D dari Thiagarajan. Hasilnya adalah modul pembelajaran AutoCAD untuk siswa SMK Muhammadiyah 1 Salam yang memenuhi aspek-aspek karakteristik dan elemen mutu. Ini menunjukkan bahwa modul sudah memenuhi kebutuhan bahan belajar bagi siswa. Tingkat kelayakan modul diketahui dari hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, serta uji keterbacaan untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penilaian rata-rata oleh ahli materi adalah 3,31 yang dikategorikan sangat layak dan penilaian rata-rata oleh ahli media adalah 3,27 yang kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan mencapai nilai rata-rata 3,48 dan dikategorikan sangat layak.

This article discuss the AutoCAD module that appropriate with needs in Muhammadiyah 1 Salam Vocational High School (VHS) and its feasibility for subjects of drawing using AutoCAD. This module was developed using Four-D models of Thiagarajan. The result is the AutoCAD learning modules for students of Muhammadiyah 1 Salam VHS which is meet the characteristics and aspects of quality. This indicates that the module has met the needs of learning materials for students. Module feasibility determined by assessment results of subject matter experts, media experts, as well as readability test to find out the students response. The average assessment by subject matter experts was 3.31 which is categorized as very feasible and the average assessment by media expert was 3.27 that categorized as very decent. The results of readability test achieve an average score of 3.48 and categorized as very decent.


Keywords


Pengembangan, modul pembelajaran, AutoCAD; Development, learning modules, AutoCAD

Full Text:

PDF

References


Burhan Nurgiantoro. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Diakses tanggal 22 Januari 2016 dari: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/ kbbi/ index.php

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Ditjen PMPTK.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i1.6778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin