PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Sohfan Hidayat, Sudji Munadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar pengukuran. Jenis penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X teknik fabrikasi logam di SMK N 1 Seyegan sebanyak 62 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar pengukuran dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,082 (r= 0,287 dan t=2,319 pada taraf signifikansi 5%).Terdapat pengaruh positif dari rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar pengukuran dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,080 (r=0,283 dan t=2,290 pada taraf signifikansi 5%). Terdapat pengaruh positif dari persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan rasa ingin tahu secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pengukuran dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,103 (r=0,321dan F=3,379 pada taraf signifikansi 5%).

This research was aimed to reveal the effect of students’ perception of teacher’s teaching skills and curiosity to learning outcomes in engineering measurement subject. The research is an ex post-facto research with a quantitative approach. The population in this research was 62 students of class X majoring in metal fabrication at SMK N 1 Seyegan. The data were collected by means of documentations and questionnaires. Data were analyzed using simple regression and multiple regression tests. The results show a positive effect from students perception of teacher’s teaching skills to the learning outcome with a coefficient determination of 0.082 (r = 0.287 and t = 2.319 at 5% significance level). There is a positive effect from curiosity to learning outcomes with a coefficient determination of 0.080 (r=0.283 and t = 2.290 at 5% significance). There is a positive effect from both students perception of teacher’s teaching skills and curiosity to learning outcomes with a coefficient determination of 0.103 (r = 0.321dan F = 3.379 at 5% significance).


Keywords


Persepsi siswa, keterampilan mengajar guru, rasa ingin tahu, dan prestasi belajar pengukuran; Student perception, teacher teaching skills, curiosity, learning outcome

Full Text:

PDF

References


Dwi Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mustari. (2011). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Zainal Asri. (2010). Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pres.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i6.5583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin