PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA MODUL PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Yanto Wibowo, Yatin Ngadiyono

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah: mengetahui setruktur desain pengembangan modul pembelajaran pada mata diklat gambar teknik mesin dan mengetahui kelayakan modul pembelajaran yang telah dibuat untuk pembelajaran pada mata diklat gambar teknik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi model Dick and Carey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil penilaian ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 85% dengan klasifikasi sangat layak; Hasil penilaian ahli media memperoleh tingkat kelayakan 90,66 % dalam klasifikasi sangat layak; Hasil penilaian guru mata diklat gambar teknik mesin memperoleh kelayakan sebesar 86,33 % dalam klasifikasi sangat layak; hasil uji Keterbacaan modul oleh peserta didik memperoleh kelayakan sebesar 71,35 % dengan klasifikasi layak. Berdasarkan data tersebut, modul pembelajaran gambar teknik layak digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

The purpose of this research is to determine the design structures of a learning module development on technical drawing subject and to determine the feasibility of the learning module for technical drawing subject learning at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The research type is development research which adopts the Dick and Carey’s model. The assessment results by the subject expert indicate a feasibility level of 85% which classify as very good; The assessment by the media expert indicate a feasibility level of 90.66% which classify as very good; The assessment by subject teacher indicate a feasibility level of 86.33% which classify as very good; Students’ assessment on module readability gave a score of 71.35% which classify as good. It can be concluded that the learning module for technical drawing is feasible to be used as an instructional media for students in SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.


Keywords


Pengembangan, modul pembelajaran gambar teknik; Development, learning modules, technical drawing

Full Text:

PDF

References


Dick, W. And Carey,L. (1996). The Systematic Design Of Instruction. New York: Harper Collins Publishing.

Eko Putro Widoyoko. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tantang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses tanggal 11 januari 2016 Dari Situs: Http://www.kemendagri.go.id/ produkhukum/2003/07/08/undang undang No-20-tahun-2003.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i5.5093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin