PENERAPAN MODUL PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Danang Ardianto, Nuchron -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan modul pada pembelajaran Membaca Gambar Teknik. Penelitian eksperimen semu ini menagmbil kelas X TPB sebagai kelas eksperimen pembelajaran dengan modul dan kelas X TPE sebagai kelas kontrol. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data, sedangĀ  kisi-kisi soal dan butir soal tes digunakan sebagai instrumennya. Uji-t diterapkan untuk mengnalisis data. Hasil belajar kelas eksperimen memperoleh mean 77,7, modus 76 & 80, median 76. Nilai tertinggi 92, dan nilai terendahnya 60. Hasil belajar kelas kontrol memperoleh mean 64, modus 60, median 64. Nilai tertinggi 80, dan nilai terendahnya 44. Analisis uji-t menghasilkan thitung = 6,68 > ttabel = 1,67. Diputuskan terdapat perbedaan pada hasil belajar kelas yang menggunakan modul dengan kelas yang tidak menggunakan modul.

The research is aimed at implementing module on Engineering Drawing learning subjects. The research is a quasi experimental type. Subjects of the research are X TPB as an learning experimental class using module and X TPE as a control class. Test method was used to collect data, while the problem lattices and test as the instrument. T-test was applicated to analyze data. The result shows that experimental class has obtained mean 77,7; modus 76 & 80; and median 76. The highest score is 92 and lowest is 60. On the other hand, the control class has obtained mean 64; modus 60; and median 64. The highest score is 80 and lowest is 44. The t-test analysis resulted tcalculated = 6,68 > ttabel = 1,67. Accordingly, it was decided that there is a differences learning outcomes on the class that used a module against the class that not used a module.


Keywords


Modul, Gambar Teknik, Pembelajaran; Engineering drawing, module, learning

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

________________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukardi, (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v2i1.3357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin