HUBUNGAN PENGETAHUAN DUNIA KERJA DAN DUNIA INDUSTRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Herjuna Aji Arohmah, Jarwo Puspito

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dunia kerja dan dunia indsutri dengan motivasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Mesin di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Sejumlah 111 sampel diperoleh dengan teknik proportional sampling. Data diambil dengan metode kuesioner. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan t hitung sebesar 6,323, sedangkan t tabel 1,659 pada taraf signifikansi 5%. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel (6,323>1,659). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan dunia kerja dan dunia industri dengan motivasi belajar.

The purpose of this research is to study the relation of job world and industrial world knowledge to learning motivation of class XI students of Mechanical Engineering Program at SMK Muhammadiyah Prambanan. The method of this research is ex-post facto research. A number of 111 samples were obtained by proportional sampling technique. Data were collected by questionnaire methods. Hypotheses test being used was simple regression, which was previously being tested for analysis requisite test by normality test and linearity test with a determined significance of 5%. The analysis resulted in tcount of6,323, while the ttable is 1,659 on 5% significance.  With a tcount bigger than ttable (6,323>1,659), it can be concluded that there is a positive and significant correlation of job world and industrial world knowledge to learning motivation.


Keywords


Pengetahuan Dunia Kerja, Dunia Industri, Motivasi Belajar; Job world, industrial world, learning motivation

Full Text:

PDF

References


Cholid Narbuko. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendri Budiyanti (2012). Hubungan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Pulutan Salatiga Tahun 2012. Skripsi, tidak dipublikasikan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Mamat Supriatna, dan Nandang Budiman. (2014). Bimbingan Karir di SMK. [pdf]. Diakses tanggal 24 April 2015 dari file.upi.edu/BIMBINGAN/ BIMBINGAN_KARIER_DI_SMK. pdf.

Nunung Nurbainah (2013). Peran Prestasi Belajar Dan Pengetahuan Tentang Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan Di Kabupaten Sleman. Skripsi, tidak dipublikasikan. Jurusan Pendidikan Teknik Sipil. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i9.3343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin