PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK

Zuhdan Ilham Zam Zami, Syukri Fathudin Achmad Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap peningkatan soft skills, keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar, dan peningkatan soft skills terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Pengasih jurusan Teknik Pengelasan kelas XI yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan angket atau kuesioner. Metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar dan metode kuesioner untuk mengumpulkan data keaktifan berorganisasi dan peningkatan soft skills. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah keaktifan berorganisasi siswa memengaruhi 37,5% peningkatan soft skills siswa, keaktifan berorganisasi siswa memengaruhi 26,7% peningkatan prestasi belajar siswa, dan peningkatan soft skills memengaruhi 26,3% perubahan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo tahun ajaran 2019/2020.

This study aims to determine how much influence organizational activeness on the improvement of soft skills,  organizational activeness on learning achievement, and increasing soft skills on learning achievement. This research is a quantitative research. The subjects of this study were students of SMK Negeri 2 Pengasih, majoring in Welding Engineering class XI, totaling 31 students. The data collection technique is done by using the documentation method and a questionnaire. Documentation method to determine learning achievement and questionnaire method to collect organizational activeness data and increase soft skills. The data analysis used is simple regression analysis technique. The results of this study were student organizational activeness influenced 37.5% of students' soft skills improvement, the student's organizational activeness influenced 26.7% of student achievement, and the improvement of soft skills affects 26.3% of changes in the learning achievement of class XI students of SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo in the 2019/2020 school year.


Keywords


Keaktifan, Organisasi, Soft skills, Prestasi; Activeness, Organization, Soft skills, Achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v9i1.17453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin