PENGARUH TINGKAT KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN PADA SISWA DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Gede Paris Pratama, Sudji Munadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual dan emosinal terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin. Desain penelitian menggunakan penelitian komparatif. Populasi penelitian yaitu kelas X Teknik Pemesinan SMK N 3 Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data penelitian melalui kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin, dibuktikan dengan koefisien determinasi 52,5%. Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin, dibuktikan dengan koefisien determinasi 33,8%. Kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pekerjaan dasar teknik mesin, dibuktikan dengan koefisien determinasi 55,2%.

This study aims to determine the effect of intellectual and emotional intelligence on the learning achievements of basic mechanical engineering work. The research design uses comparative research. The study population is class X Machining Mechanical Engineering SMK N 3 Yogyakarta. Sampling using a purposive sampling technique with a total of 96 respondents. Research data collection techniques through questionnaires. Validity test uses Pearson product-moment correlation and reliability testing uses Cronbach alpha. Analysis prerequisite tests include normality test, linearity test, multicollinearity test, and heteroskedasticity test. Data analysis techniques using simple linear regression analysis and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that intellectual intelligence has a positive effect on learning achievement in basic mechanical engineering work, evidenced by a coefficient of determination of 52.5%. Emotional intelligence has a positive effect on the learning achievement of basic mechanical engineering work, evidenced by a coefficient of determination of 33.8%. Intellectual intelligence and emotional intelligence together positively influence the learning achievement of basic mechanical engineering work, evidenced by a coefficient of determination of 55.2%.


Keywords


Learning achievement, emotional intelligence, intellectual intelligence, influence

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v8i1.17010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin