PROFIL IKLIM SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Yaqub Firman Syarif, Sutopo .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil iklim sekolah yang diterapkan di SMK Negeri 1 Magelang berdasarkan faktor keamanan, mengajar dan belajar, hubungan antar personal, dan lingkungan kelembagaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa di SMK Negeri 1 Magelang yang berjumlah 87 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 4 metode yaitu: angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui SMK Negeri 1 Magelang, sebagian besar iklim sekolah masuk pada kategori cukup baik, dengan persentase sangat baik sebesar 40,23 %,  pada ketegori baik sebesar 59,77 %, pada kategori cukup baik sebesar 0 %, dan pada kategori kurang baik sebesar 0%. Nilai tersebut terhitung dari hasil perhitungan secara kuantitatif sehingga dapat disimpulkan pengelolaan iklim sekolah di SMK Negeri 1 Magelang adalah baik.

The purpose of this research is to know the school climate management applied in SMK Negeri 1 Magelang based on the factors security, teaching and learning, interpersonal relationships, and environmental stewardship. The method used in this research is descriptive research. Instruments in this study using questionnaires. The subjects used were students at SMK Negeri 1 Magelang which amounted to 87 children. Data collection using 4 methods are: questionnaire, interview, observation, and documentation. Technique of data analysis using descriptive statistical analysis techniques to describe the research data. Based on the research results known climatic management schools in SMK Negeri 1 Magelang mostly on the good enough category with a percentage of 59.77%, on the very good category of 40.23%, on the enough category by 0%, and on the category less by 0%. In conclusion of the quantitative result is that the of school climate profile in vocational high school is good.



Keywords


Keamanan, Mengajar dan belajar, Antar Personal, Lingkungan Kelembagaan; Security, Teaching and Learning, Interpersonal, Institutional Environment

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i4.11943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin