PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL PEMESINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK

Muslih Mustofa, Paryanto .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sarana prasarana bengkel pemesinan (variabel X1) dan motivasi belajar praktik (variabel X2) terhadap prestasi belajar peserta didik pada praktik pemesinan konvensional (variabel Y). Penelitian ini merupakan penelitian expost facto, subyek penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 67 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pencapaian variabel X1 pada kategori rendah sebesar 35,8%, pencapaian variabel X2 pada kategori tinggi dan rendah sebesar 35,8%, dan pencapaian variabel Y pada kategori rendah sebesar 40,3%. variabel X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y dengan nilai thitung = 4,714 > ttabel = 2,00 dan r = 0,505, variabel X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y dengan nilai thitung = 3,902 > ttabel = 2,00 dan r = 0,436, dan variabel X1dan variabel X2 secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap variabel Y dengan nilai Fhitung = 13,798 > Ftabel = 3,14 dan r = 0,549.

This study aims to analyze the influence of workshop facility (variable X1) and motivation learning practices (variable X2) to student's learning achievement in practices conventional machining (variable Y). This is expost facto research design, the subject is students as many as 67. The technique of collecting data using questionnaire and documentation. The results showed that the variable X1 in the low category of 35.8%, variable X2 in the high and low category that is equal to 35.8%, and variable Y in the low category of 40.3 %. variable X1 positive and significant impact on variable Y with a value of thitung = 4.714 > ttabel = 2.00 and r = 0.505, variable X2 have a positive and significant impact on variable Y with a value of thitung = 3.902 > ttabel = 2.00 and r = 0.436, and variable X1 and variable X2 together positively affect variable Y with value Fhitung = 13.798 > Ftabel of 3.14 and r = 0.549.


Keywords


Motivasi belajar, prestasi belajar, sarana prasarana bengkel; Learning motivation, learning achievement, workshop facility

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i3.11888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin