PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA KOMPETENSI MENGENAL KOMPONEN PNEUMATIK DI SMKN 2 WONOGIRI

Nanang Kurniawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun, unjuk kerja, dan mendapat respon dari ahli materi, ahli media serta siswa media pembelajaran berbasis augmented reality pada kompetensi mengenal komponen pneumatik di SMKN 2 Wonogiri.    Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan konsep ADDIE  (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate).   Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality  terdiri dari aplikasi AR Pneumatik dan marker, (2) hasil unjuk kerja dari media pembelajaran ini berjalan dengan baik dan sudah dapat menampilkan hasil proses augmented reality, (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapat rerata skor 85 dengan persentase kelayakan 82,5% sehingga masuk pada kategori layak, penilaian ahli materi mendapat rerata skor 84,67% sehingga masuk pada kategori layak, dan hasil penilaian siswa sebagai pengguna memperoleh rerata skor 111,29 dengan persentase kelayakan 82,5% sehingga masuk kategori layak untuk digunakan pada pembelajaran.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Pneumatik, SMK

 

Abstract

This research aims to produce design, performance, and get responses from material experts, media experts and students of augmented reality-based learning media on the competence of recognize pneumatic components in SMKN 2 Wonogiri. This research is research and development with the concept of ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). The result of this research are: (1) development of learning media based on augmented reality consist of application of AR Pneumatic and marker, (2) performance result of learning media is running well and already able to show result of augmented reality process, (3) the feasibility test by media expert got the average score of 85 with the percentage of feasibility 82.5% with feasible category, the assessment of material experts got the average score of 84.67% with feasible category, and the result of the students as the user get average scores of 111.29 with percentage of feasibility 82.5% so that the media feasible to be used for learning.

                                                                                                         

Keywords:  Learning Media, Augmented Reality, Pneumatic, SMK

Full Text:

450-458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.