UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN ELECTRICAL FUNDAMENTAL DENGAN COOPERATIVE LEARNING MODEL TWO STAY TWO STRAY DI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO

Brian Widya Duta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan prestasi siswa kelas X-2 pada mata pelajaran Electrical Fundamental dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X-2 pada mata pelajaran Electrical Fundamental dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan serta observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa dan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa. Kriteria keberhasilannya adalah persentase ketuntasan siswa minimal 75% dan prestasi belajar sesuai dengan KKM di sekolah yaitu 75. Hasil penelitian diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray kompetensi siswa mengalami peningkatan yang ditinjau dari aspek afektif dan kognitif. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan persentase semua penilaian aspek afektif pertemuan pertama siklus I sebesar 57,89% dan meningkat pada siklus II yaitu 78,60%. Pada siklus II semua indikator telah sama atau lebih dari 75%. Aspek kognitif siswa mengalami peningkatan terlihat dari nilai rata-rata pretest siklus I sebesar 57,58 meningkat menjadi 85,53 pada posttest siklus II.

 

Kata kunci: penelitian tindakan kelas, model pembelajaran, two stay two stray, electrical fundamental

 

Abstract

The purpose of this study is to: (1) develop student’s competence at X-2 class in Electrical Fundamental subject with applying cooperative learning two stay two stray model and (2) develop student’s activities at X-2 clas in Electrical Fundamental subject with applying cooperative learning two stay two stray model. This research  used classroom action research conducted by two cycles, each cycle consisted of two meetings. Each cycle consists of three stages: planning, acting, observasing and reflecting. The data collection used student activity observation sheet to determine the increase of student’s affective aspects and pretest and posttest instrument to determine the increase of student’s cognitive aspects. The research success criteria are the percentage of student mastery of at least 75% and in learning achievement appropriate with KKM in school is 75. The results showed that after implementing cooperative learning two stay two stray model, competence of students has increased in terms of affective and cognitive. This is shown by an increasing of the percentage of all indicators affective aspects. The first meeting of the first cycle is 57,89% increased to 78,60% in the second cycle. In the second cycle all indicators are same or more than 75%. Cognitive aspects has increased visible from the average score of the first cycle pretest of 57,58 increased to 85,53 in the second cycle posttest.

                                                                                                         

Keywords:  classroom action research, learning model, two sta two stray, electrical fundamental


Full Text:

430-441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.