PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN PENGGUNAAN PERALATAN TANGAN (HAND TOOLS) DAN PERALATAN BERTENAGA (POWER TOOLS)

Dwiyono Dwiyono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)  mengembangkan game edukasi sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kompetensi dasar mendeskripsikan peralatan tangan (hand tools) dan peralatan bertenaga (power tools), dan (2) mengetahui kelayakan game edukasi sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kompetensi dasar mendeskripsikan peralatan tangan (hand tools) dan peralatan bertenaga (power tools). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pengembangan game edukasi dengan model ADDIE menghasilkan game edukasi yang terdiri dari halaman utama, level game, skor, menu materi dan pengaturan. (2) Berdasarkan penilaian oleh ahli materi didapatkan rerata skor 73 dari skor maksimal 96 dengan kategori “layak”.  Berdasarkan penilaian oleh ahli media didapatkan rerata skor 79 dari skor maksimal 104 dengan kategori “layak”.  Rerata skor yang diperoleh dari penilaian oleh siswa sebesar 62,73 dari skor maksimal sebesar 80 dengan kategori “layak”.

 

Kata kunci: game edukasi, media pembelajaran, peralatan tangan dan peralatan bertenaga

 

 

Abstract

The purpose of this research are to: (1) develop an education game as interactive learning media of basic electromechanical work subject on the competence of  describes hand tools and power tools, and (2) find out the feasibility of education game as interactive learning media of basic electromechanical work subject on the competence of  describes hand tools and power tools. This research used ADDIE development model that consist of: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. The result of this research were: (1) The development of education game with ADDIE development model produced the education game that consist of: main page, game level, score, matter menu, akademy menu, and settings. (2) According to the judgement of material expert, this game got the average score of 73 from the maximum score of 96 with “feasible” category. According to the judgement of media expert, this game got the average score of 79 from the maximum score of 104  with “feasible” category. According to student usability test, this game gets the average score of 62.73 from maximum score of 80 with “feasible” category.

                                                                                                         

Keywords:  education game, learning media, hand tools and power tools


Full Text:

343-351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.