PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS X TEKNIK MEKATRONIKA SMK KI AGENG PEMANAHAN

Fajar Dinarto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas X SMK Ki Ageng Pemanahan. (2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran K3 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT siswa kelas X SMK Ki Ageng Pemanahan.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar pengamatan keaktifan dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran K3. Pada pra siklus atau sebelum diberi tindakan 41,2% siswa memiliki minimal keaktifan dalam kategori cukup baik, pada siklus pertama meningkat 68,75% siswa memiliki keaktifan minimal dalam kategori cukup baik dan pada siklus kedua meningkat 100% siswa memiliki keaktifan minimal dalam kategori cukup baik. Jumlah siswa tuntas KKM pada pra siklus sebanyak 23,53%, pada siklus pertama meningkat menjadi 56,25% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 75%. Hasil pengamatan menunjukkan keaktifan siswa pada siklus kedua telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 100% siswa minimal berada dalam kategori cukup baik. Hasil belajar yang diukur pada siklus kedua menunjukkan 75% siswa tuntas KKM.

 

Kata kunci: keaktifan belajar, hasil belajar, teams games tournament, K3

 

Abstract

This research aims to determine: (1) an increase in the students activity in Occupational Safety and Health (OSH) subjects using cooperative learning model Teams Games Tournament (TGT) student of X class SMK Ki Ageng Pemanahan. (2) the improvement of student learning outcomes in subjects OSH using cooperative learning model TGT student of X class SMK Ki Ageng Pemanahan. This research belongs to Classroom Action Research (CAR). Data collection methods used in this research were observation sheet activity and test of student learning outcomes. This research used descriptive qualitative and quantitative as data analysis techniques. The result of this research showed that the use of cooperative learning model type TGT improved the students' activity and their learning outcomes in OSH subject. In the pre-cycle or before being given actions, 41.2% of students had a minimum activeness in quite well category, while the first cycle increased to 68.75% students having a minimum activeness in quite well category, and the second cycle increased to 100% students having a minimum activeness in quite well category. The number of students that had completed KKM in the pre-cycle as much as 23.53%, in the first cycle increased to 56.25% and in the second cycle increased to 75%. The results showed activity of students in the second cycle has met the success criteria with a minimum of 100% of students are in quite well category. Learning outcomes measured in the second cycle showed 75% of students completed the KKM.

                                                                                                                                            

Keywords:  activity of learning, learning outcomes, teams games tournament, OSH


Full Text:

287-294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.