PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING DENGAN PLATFORM ANDROID MATERI KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) PADA PROGRAM STUDI KETENAGALISTRIKAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Lukni Maulana Lukni Maulana

Abstract


Abstrak

Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang menghasilkan produk yaitu media pembelajaran berbasis mobile learning dengan platform android materi keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH) pada program studi ketenagalistrikan untuk siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning dengan platform android materi K3LH serta untuk mengetahui kelayakan media pengembangantersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian kualitas media pembelajaran dengan skala Likert 5. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media serta angket uji coba kepada pengguna. Analisis data menggunakan rerata skor yang kemudian dikonversikan menjadi nilai baku berupa persentase kelayakan. Hasil penilaian ahli materi memperoleh persentase skor 87.31%, hasil penilaian ahli media memperoleh persentase skor 80.48%, hasil penilaian uji pengguna mendapatkan skor 80.69%.

Kata kunci: media pembelajaran, mobile learning, android, K3LH

 

Abstract

This study used research and development that produce mobile learning based learning media with android platform of occupational health and safety (OHS) materials for students of electrical engineering study program of vocational high school. This study aims to develop mobile learning based learning media with android platform of occupational health and safety (OHS) materials and to determine the feasibility of the media. The development model used in this study is ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). The data collection technique used questionnaire which assessed the media quality with 5 Likert scale. The assessment of the product feasibility was conducted by two material experts and two media experts and also a questionnaire to the users. The data analysis technique used mean score of them and then converted into a feasibility percentage value. The results showed that the material expert assessment score obtained percentage value of 87.31%, the media expert assessment score obtained percentage value of 80.48%, and the users testing score obtained percentage value of 80.69%.

 

Keywords:  learning media, mobile learning, android, OHS

Full Text:

197-207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.