PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMAHAMI PRINSIP PENGOPERASIAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK KELAS XI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM

Dedy Aji Pamungkas

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan menerapan model pembelajaran Teams Games Tournament pada kompetensi dasar memahami prinsip pengoperasian sistem pengendali elektronik kelas XI TITL SMK Hamong Putera 2 Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan dua pertemuan pada setiap siklus. Data dikumpulkan dengan instrumen pretest dan posttest untuk aspek kognitif siswa dan lembar observasi dengan mengisikan skor untuk aspek afektif dan psikomotorik siswa. Kriteria kelulusan pada aspek kognitif dan psikomotorik adalah sekurang-kurangnya 75,00% dari seluruh jumlah siswa memperoleh nilai ketuntasan minimal sebesar 75,00, dan pada aspek afektif adalah sekurang-kurangnya rata-rata seluruh persentase indikator aspek afektif siswa mencapai 75,00 dengan skor minimal tiap indikator sebesar 75,00%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament, telah di dapatkan hasil yang sesuai dengan kriteria ketuntasan, dengan rata-rata posttest siswa siklus-1 sebesar 78,33 dengan persentase kelulusan sebesar 75,00% pada aspek kognitif. Hasil observasi aspek afektif pada akhir siklus-2 telah mencapai rata-rata indikator sebesar 81,11 dengan nilai tiap-tiap indikator telah di atas 75%, sedangkan hasil observasi aspek psikomotorik pada akhir siklus-2 telah mencapai nilai rata-rata 76,25 dengan persentase kelulusan sebesar 83,34%.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, teams games tournament, sistem pengendali elektronik

 

 

Abstract

This research is aims to find out the achievement of student learning outcomes, that reviewed from the cognitive, affective, and psychomotor aspects by applying Teams Games Tournament cooperative learning model to the basic competence of understanding the principles of operation of the electronic control system class XI TITL SMK Hamong Putera 2 Pakem. This research is a classroom action research that performed in two cycles with two meetings in each cycle. Data collected by the instrument pretest and posttest for the cognitive aspect and the observation sheets by filling in the scores for affective and psychomotor aspects. Passing criteria in cognitive and psychomotor aspects are at least 75.00% of the total number of students obtaining a minimum completeness  score of 75.00, and the affective aspect is at least the average of all the percentage indicator reaching 75.00 with a minimum score for each indicator 75.00%. The research results showed that after implementation of Teams Games Tournament cooperative learning model, the completeness criteria of students have been achieved, the posttest of cycle-1 has reached an average score of 78.33 with 75.00% passing rate on cognitive aspect. The observation results on affective aspect at the end of cycle-2 has reached an average score of 81.11 with a scores for each indicator has been above 75%, while the observation of psychomotor aspect at the end of cycle-2 has reached an average score of 76.25 with passing rate of 83.34%.

 

Keywords:  cooperative learning, teams games tournament, electronic control systems


Full Text:

107-117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.