PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN ELEKTRONIKA DAYA (ELDA) DI SMK

Bramantio Delkisyarangga

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada kompetensi dasar mengidentifikasi komponen elektronika daya (elda) dan (2) mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran berbasis Android pada kompetensi dasar mengidentifikasi komponen elektronika daya (elda). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari (1) analisys, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Klaten dengan subjek penelitian kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi, serta pengujian pengguna akhir yaitu siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) pengembangan media menggunakan model pengembangan ADDIE yang menghasilkan tujuh komponen utama yaitu: menu intro, silabus, materi, video simulasi, evauasi, panduan, dan tentang aplikasi, (2) hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 57,5 dengan persentase sebesar 84,56% dari skor rerata maksimal sebesar 68 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 51,5 dengan persentase sebesar 75,74% dari skor rerata maksimal sebesar 68 dengan kategori ”layak”. Serta rerata skor yang diperoleh dari penilaian pengguna akhir atau respon siswa sebesar 110,21 dari skor rerata maksimal sebesar 136 dengan kategori “baik” digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: media pembelajaran, android, elektronika daya

 

Abstract

This purpose of this research are: (1) develop android based learning media to the basic competence of identify the compenents of power electronics and (2) determine the feasibility of Android-based learning media to the basic competence of identify the compenents of power electronics.This study is research development. The model used is ADDIE development consisting of (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. This research was conducted at SMK Negeri 2 Klaten with subjects of this research is students at XII class engineering powes installations department. The assesment of product feasibility conducted by two media experts and two material experts, as well as the testing of end users are students. Data collection techniques used questionnaires and descriptive analisys.The results of this study were: (1) the development of media used the model ADDIE  that produce seven main components there are intro, syllabus, materials, video simulations, evaluation, guidance, and about the application, (2) feasibility of assement by a media expert get an average score of 57.5 with a precentage value of 84.56% from maximum average score of 68 with  "very feasible" category. Feasibility assessment by matter experts get an average score  of 51.5 with a precentage value of 75.74% out of a maximum average score of 68 with "feasible" category. Futhermore, the average score obtained from the assessment of the end user or student responses get the score of 110.21 from the maximum average score of 136 with "good category" is used as a learning media.

 

Keywords:  learning media, android, power electronics


Full Text:

40-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.