PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PNEUMATIK BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI MENJELASKAN KOMPONEN, SIMBOL, DAN RANGKAIAN PNEUMATIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Ardy Candra Widyatmoko

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui fungsionalitas dari produk pengembangan multimedia pembelajaran pneumatik berbasis Android sebagai multimedia pembelajaran pneumatik, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran pneumatik berbasis Android yang ditinjau oleh ahli media, ahli materi, dan penilaian pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari (1) Analysis, (2) Design, (3) Development and Implementation, (4) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan subjek penelitian kelas X paket keahlian Teknik Pemesinan. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli media, tiga ahli materi, serta penilaian oleh pengguna yaitu 24 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) hasil fungsionalitas dari multimedia pembelajaran pneumatik berbasis Android yaitu navigasi dan animasi berfungsi semua serta menggunakan resolusi tampilan 720px1280p, (2) hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapat rerata sebesar 73,5 dari skor tertinggi sebesar 84 dengan kategori “sangat layak”, penilaian oleh ahli materi mendapat rerata sebesar 86 dari skor tertinggi sebesar 104 dengan kategori “layak”, dan penilaian pengguna oleh siswa mendapat rerata sebesar 67,417 dari skor tertinggi sebesar 84 dengan kategori “baik” digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Android, Pneumatik

 

Abstract

The purpose of this research to : (1) know the functionality of the product of development Android based pneumatic learning multimedia as pneumatic learning multimedia, (2) know feasibility Android based pneumatic learning multimedia that is reviewed by media experts, subject matter experts, and user assessment. This research use research and development. Development model used ADDIE consisting, of (1) Analysis, (2) Design, (3) Development and Implementation, (4) Evaluation. This research was conducted at SMK Negeri 3 Yogyakarta with research subjects on X class mechanical engineering department. Testing the feasibility of products done by two media experts, three matter experts and assessed by user with 24 students. The results of this research are : (1) The results of the functionality of the Android based pneumatic learning multimedia on navigation and animation overall able to function with the display resolutions 720px1280p, (2) the results of the feasibility assessment by media experts have an average score of 73.5 from the highest score of 84 with the "very worthy" category, assessment by experts matter get average score of 86 from the highest score of 104 with the "worthy" category, and user assessment by students get an average score of 67,417 from the highest score of 84 with the "good" category used as learning multimedia.

 

Keywords:  Multimedia Learning, Android, Pneumatic


Full Text:

10-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.